Curah Hujan Tinggi, Kementan Target Produksi Beras 3 Juta Ton/Bulan

Image title
31 Desember 2019, 19:11
Curah Hujan Tinggi, Kementan Target Produksi Beras 3 Juta Ton/Bulan .
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Petani memanen padi di Desa Cilangkap, Lebak, Banten, Senin (18/11/2019). Kementerian Pertanian targetkan peningkatan produksi beras 2020.

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan produksi beras pada tahun depan meningkat seiring dengan tingginya curah hujan.  Kementan memprediksi, produksi beras pada 2020 bisa mencapai tiga juta ton per bulan.

"Minimal tiga juta ton per bulan beras kalau konsumsi kita 2,5 juta ton karena area luas tanamnya meningkat saat musim hujan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (31/12).

(Baca: Pemerintah Siap Ekspor Beras hingga Ayam ke Arab Saudi)

Menurut dia, produksi beras Indonesia saat ini masig relatif aman dan masih menyisakan cadangan stok beras mencapai 4,7 juta ton hingga Desember 2019. Stok beras itu antara lain tersebar di gudang milik Perum Bulog sejumlah 2,1 juta ton, di tingkat penggilingan 1,5 juta ton dan di tingkat pedagang pasar. 

"Kita punya 1.000 pedagang di pasar yang melaporkan jumlahnya ada 1,1 juta ton," kata dia.

Agung juga menjelaskan konsumsi 2020 meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Adapun, peningkatan konsumsi tertinggi yaitu saat hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri meningkat 10%, Natal dan tahun baru meningkat 5-7%. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...