Sebut Ekspor Baru Opsi, Menteri Edhy Optimalkan Budidaya Benih Lobster

Image title
Oleh Ekarina
26 Desember 2019, 19:21
Dorong Nilai Tambah, Menteri Edhy Prabowo Kaji Budi Daya Benih Lobster.
ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A
Pekerja memperlihatkan lobster siap kirim di Morotai, Maluku Utara, Selasa (8/10/2019). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah mengkaji optimalisasi pembesaran dan budidaya benih lobster.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengkaji optimalisasi pembesaran dan budidaya benih lobster.  Tujuannya untuk memaksimalkan nilai tambah pendapatan masyarakat, khususnya di sentra penghasil benih lobster dari alam.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat meninjau langsung upaya pembesaran benih lobster yang dilakukan masyarakat Telong Elong dan Teluk Ekas, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (26/12).

Menurutnya, perairan selatan NTB merupakan salah satu titik limpahan benih lobster di samping perairan selatan Jawa dan barat Sumatera.

(Baca: Bertemu Edhy Prabowo, Menko Airlangga Dorong Budidaya Benih Lobster)

Berbagai hasil kajian termasuk hasil studi kolaborasi KKP melalui Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok dengan Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) menyebutkan, diperkirakan ada ratusan juta benih lobster per tahun di area hotspot tersebut.

Di sisi lain, pada hotspot tersebut, menurutnya juga telah terjadi sink population.  Yang mana populasi benih lobster tiba-tiba lenyap pada fase peurelus, dengan kelangsungan hidup (SR) hanya 0,01% (1 ekor yang hidup sampai dewasa dari 10.000 ekor benih).

Pemerintah bakal mendorong pemanfaatan benih lobster budidaya. Pemerintah juga menginginkan Indonesia mampu menyaingi Vietnam yang lebih dulu membangun proses pembesaran lobster. Dengan begitu, Indonesia bisa menguasai pasar lobster konsumsi dunia.

Selain memberikan manfaat ekonomi,  budidaya juga diharapkan berperan sebagai buffer stock, melalui pengaturan kewajiban restocking pada fase tertentu.

"Karenanya, kami akan segera menyusun roadmap pengembangan industri lobster nasional dengan melibatkan seluruh stakeholders terkait. Kajian stok, pengaturan area tangkap lestari, pemetaan ruang untuk budidaya, penyiapan teknologi, investasi, dan lain lain akan mulai kita susun strateginya," ujarnya.

(Baca: Effendi Gazali Sebut 80% Benih Lobster Vietnam Berasal dari RI)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...