Mentan Klaim Stok Komoditas Pangan Aman Jelang Natal Hingga April 2020

Image title
19 Desember 2019, 08:36
Mentan Klaim Stok Komoditas Pangan Aman Jelang Natal Hingga April 2020.
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Tim gabungan Satgas Pangan memeriksa harga komoditas pangan yang dijual di salah satu pasar swalayan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/12/2019). Pemerintah memastikan stok komoditas pangan mencukupi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limo memastikan stok komoditas pangan mencukupi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat hingga April tahun depan. Secara umum, logistik bahan pangan dalam keadaan baik untuk diserap masyarakat.

Syahrul mengatakan, pembahasan rapat pangan kemarin terfokus pada 10 bahan pokok, seperti beras, ayam, gula, daging, jagung, dan garam.  

Advertisement

"Bahan pangan kami lihat aman untuk Natal dan Tahun Baru sampai dengan Maret-April," kata Syahrul usai mengikuti Rapat Koordinasi Pembahasan tentang Pangan di Jakarta, Rabu (18/12) malam.

(Baca: Harga Bawang Merah dan Telur Ayam yang Kerap Naik Jelang Akhir Tahun)

Berdasarkan hasil pembahasan beberapa Kementerian dan Bulog, kemarin  menyatakan seluruh bahan pangan memiliki jumlah stok yang cukup. Meski begitu, memang ada pula kemungkinan impor, khususnya untuk komoditas gula dan daging tahun depan.

Ini karenakan kebutuhan gula untuk kebutuhan industri hingga kini belum bisa dicukupi dari dalam negeri, sehingga membutuhkan impor. Sementara, jumlah produksi daging sapi hingga saat ini masih belum sesuai dengan kebutuhan.

"Kebutuhan impor bukan berarti tidak dibuka atau dimungkinkan, tapi untuk sementara masih cukup," kata dia.

Selain memastikan stok komoditas pangan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat, pemerintah juga terus memantau pergerakan harga pangan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Pasalnya, menjelang hari rata, harga komoditas tersebut cenderung mengalami kenaikkan. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement