Menteri Edhy Sebut BBM Bersubsidi untuk Nelayan Rawan Dikuasai Preman

Image title
18 Desember 2019, 16:59
Menteri Edhy Sebut BBM Bersibsidi untuk Nelayan Rawan Dikuasai Preman.
ANTARA FOTO/Rahmad
Ilustrasi kapal motor nelayan. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan solar bersubsidi untuk nelayan rawan diselewengkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan solar bersubsidi untuk nelayan rawan diselewengkan. Ini dikarenakan, banyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) yang dikuasai oleh oknum preman.

Bahkan, dia menyebut para preman lebih berkuasa dibandingkan Polisi dan TNI. Sehingga banyak nelayan yang tidak mendapatkan solar bersubsidi. "Biasanya preman lebih berkuasa dibanding dengan pejabat-pejabat pengambil keputusan seperti Tentara dan Polisi," kata Edhy di Jakarta, Rabu (18/12).

Advertisement

(Baca: Edhy Prabowo Akan Hibahkan Kapal Maling ke Nelayan Perempuan)

Dia mengungungkapkan, kasus penyelewengan subsidi solar untuk nelayan telah lama terjadi. Hal itu disebabkan karena  minimnya pengawasan sehingga ada oknum penyusup yang bermain di dalamnya.

"Setelah SPBN dibikin justru nelayan ini tidak kebagian. Saya tahu hilangnya kemana, dikirim sekali masih selalu kurang," kata dia.

Oleh karena itu, Edhy meminta para nelayan ikut mengawasi SPBN. Selain karena rawan diselewengkan, pengawasan itu juga untuk mencegah agar bantuan solar bersubsidi tidak salah sasaran, yang mana para pemilik kapal besar seharusnya membeli solar dengan harga premium sesuai dengan harga industri.

"Nanti kapal yang 40 GT mau ambil solar dikasih harga premium untuk industri, jadi saya butuh masukan dari nelayan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement