Bulog Siap Tambah 22 Gudang Baru dan 14 Mesin Modern

Rizky Alika
14 Desember 2019, 15:00
Bulog Siap Tambah 22 Gudang Baru dan 14 Mesin Modern.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pekerja mengangkut beras di Gudang Bulog Baru Cisaranten Kidul Perum Bulog, Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/12/2019). Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, gudang Bulog baru Cisaranten Kidul Perum Bulog. Bulog bakal menambah dan mengoperasikan 22 gudang baru tahun depan.

Perum Bulog bakal menambah dan mengoperasikan 22  unit gudang penyimpanan beras serta 14 mesin baru pada tahun depan. Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, penambahan fasilitas tersebut merupakan bagian dari realisasi Penyertaan Modal Negara (PMN) yang disuntikkan ke perusahaan pada 2016.

"Sekarang sedang proses penambahan gudang 22 unit," kata Imam di Gedung RRI, Jakarta, Kamis (12/12).

Imam menyatakan, investasi gudang akan dilakukan di 22 lokasi, seperti Lampung dan Surabaya. Pada kedua lokasi tersebut, Bulog bakal menambah gudang masing-masing sebanyak 2 unit.

Dengan adanya tambahan gudang baru, kapasitas tampung beras Bulog akan bertambah 60-70 ribu ton. Imam memperkirakan sebagian gudang tersebut sudah bisa beroperasi pada triwulan III 2019.

(Baca: Pemerintah Siap Ekspor Beras hingga Ayam ke Arab Saudi)

Saat ini, Bulog tercatat memiliki 1.600 unit gudang yang tersebar di 400 lokasi. Total kapasitas gudang mencapai 3,9 juta ton.

Sementara untuk fasilitas penggilingan padi modern atau Modern Rice Mill Plant (MRMP), Bulog berencana menambah 14 unit alat tersebur yang tersebar di berbagai lokasi, salah satunya di Merauke."Namun mesinnya bukan ditempatkan di 22 gudang baru," ujar dia.

Imam memperkirakan, total investasi 14 mesin MRMP membutuhkan biaya Rp 60 miliar yang berasal dari PMN. Adapun mesin MRMP tersebut diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2020.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...