Kemenhub Proyeksi 60% Pemudik Libur Natal Gunakan Transportasi Darat

Image title
9 Desember 2019, 20:35
Mudik, Transportasi, Natal dan Tahun Baru
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Teknisi memeriksa kaki-kaki lokomotif di Dipo Lokomotif Stasiun Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019). Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, PT KAI Daop 2 akan menjalankan 91 perjalanan kereta api serta menyediakan 66.579 tempat duduk bagi penumpang.

Kementerian Perhubungan memproyeksikan 60% pemudik pada libur Natal dan Tahun Baru 2019 memilih menggunakan transportasi darat dengan kendaraan. Hal ini diketahui berdasarkan survei online yang dilakukan Kemenhub terhadap 2.500 responden yang sebagian besar berasal dari Jabodetabek.

Adapun pemudik menggunakan transportasi udara menempati urutan kedua dengan persentase 24% diikuti kereta api 15% dan kapal laut 1%. 

Advertisement

"Pergerakan transportasi darat terbesar menggunakan moda transportasi mobil pribadi 48%. Sedangkan 2% mobil sewa, 8% menggunakan bus dan 2% sepeda motor," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan, Sugihardjo saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (9/12).

Ia menambahkan, sebanyak 70% pergerakan pemudik di semua moda transportasi berada di pulau Jawa, diikuti Sumatera. 

(Baca: Pemerintah Tetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020)

Untuk moda transportasi jalan, sebanyak 14-15% pemudik menggunakan ruas tol Jagorawi menuju ke arah Puncak, Bogor dan Sukabumi.  Pemudik yang menuju ke Merak dan Sumatera sebanyak 9% dan tertinggi pemudik yang menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur sebanyak 69% melalui ruas tol Cikampek.  

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement