Jokowi Targetkan Impor Bahan Baku Petrokimia Bisa Disetop pada 2024

Image title
Oleh Ekarina
6 Desember 2019, 16:09
Katadata Petrokimia
www.barito.co.id
Ilustrasu pabrik Petrokimia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia bisa menyetop impor bahan baku petrokomia pada 2024. Target tersebut diharapkan tercapai seiring dengan masuknya investasi sektor petrokimia.  

Jokowi berharap pengusaha terus meningkatkan investasi industri bahan bahan baku untuk memproduksi barang substitusi impor.

"Karena impor kita di bidang petrokimia masih besar, sehingga investasi yang terus menerus di bidang ini harus diberikan ruang, agar nantinya impor bahan-bahan petrokimia bisa betul-betul disetop dan kita justru bisa mengekspornya," kata Jokowi saat meresmikan pabrik New Polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical di Cilegon, Banten, Jumat(12/6).

Pabrik baru senilai US$ 380 juta atau sekitar Rp5,7 triliun nantinya akan memproduksi polyethylene (PE) berkapasitas 400.000 ton per tahun. Dengan begitu, kapasitas produksi polyethylene Chandra Asri secara keseluruhan akan mencapai  736.000 ton.

(Baca: Diresmikan Jokowi, Chandra Asri Bangun Pabrik Bahan Baku Plastik)

Dengan dibangunnya pabrik petrokimia di dalam negeri, dia pun berharap dalam empat atau lima tahun mendatang Indonesia tidak lagi mengimpor bahan-bahan petrokimia. Bahkan diharapkan Indonesia mulai mengekspornya ke depan. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...