Jokowi Dinobatkan Sebagai Asia of The Year oleh The Straits Times

Image title
Oleh Ekarina
5 Desember 2019, 13:00
Jokowi Dinobatkan Sebagai Asia of The Year oleh The Straits Times.
ANTARA FOTO/REUTERS/Feline Lim
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama PM Singapura Lee Hsien Loong, di Istana, di Singapura, Selasa (08/10/2019). Jokowi dinobatkan sebagai "Asian of the Year 2019" dari media Singapura The Straits Times.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan sebagai "Asian of the Year 2019" dari media Singapura The Straits Times. Jokowi dinilai sebagai pemersatu di dalam negeri maupun di tingkat global. 

Jokowi dinilai memiliki kepiawaian dalam menangani urusan politik dalam negeri yang rumit maupun hubungan internasional. 

Pria 58 tahun ini juga disebut telah mencuri perhatian sejak menjadi Walikota Solo hingga memimpin Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara selama dua periode. 

"Kepribadiannya yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan rakyat jelata telah memenangkan banyak pemilihnya di dalam negeri," tulis editorial The Strait Times, dikutip Kamis  (5/12).

(Baca: Lewat Pleno KTT, Jokowi Dorong Implementasi Outlook ASEAN )

Sedangkan di luar negeri, Jokowi dipuji karena mampu mengatasi tantangan strategis hingga keberhasilannya menempatkan Indonesia di jantung ASEAN beberapa waktu terakhir.

Para pemimpin negara juga mengadopsi ASEAN Outlook-Indo Pacific, yang digagas Indonesia dalam KTT ASEAN di Bangkok pada Juni 2019. Gagasan ini mengajak negara Asia Tenggara mempertahankan posisi netral di tengah meningkatnya persaingan antara  Amerika Serikat dan Tiongkok.

Jokowi juga dianggap sebagai tokoh pertama yang memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama, termasuk keterbukaan, inklusivitas, dan sentralitas ASEAN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...