Empat Tahun Absen, Menteri BUMN Akhirnya Hadiri Rapat di Gedung DPR

Image title
2 Desember 2019, 11:40
Menteri BUMN Eric Thohir, didampingi Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo hadir pertama kalinya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI.
Ihya Ulum/ Katadata.co.id
Menteri BUMN Eric Thohir, didampingi Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo hadir pertama kalinya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) hari ini, Senin (2/12). Kehadirannya tersebut menjadi spesial, karena untuk pertama kalinya, sejak empat tahun terakhir absen.

Absennya Menteri BUMN dalam rapat di  DPR itu pun kerap kali diwakili oleh sesama rekan menteri yang lain. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Menteri BUMN Erick memasuki ruangan rapat Komisi VI DPR-RI pada sekitar pukul 10.40 WIB dengan didampingi oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Rapat kerja tersebut membahas terkait Penyertaan Modal Megara (PMN) untuk tahun ini dan 2020.

(Baca: Satu Bulan Menteri BUMN, Erick Merangkul Ahok hingga Depak 6 Eselon I)

Rapat tersebut dibuka oleh pimpinan rapat yaitu Faisol Reza dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Menurut laporam kesekretariatan Komisi VI, Rapat Kerja hari ini ditantangani oleh 25 orang dari 54 anggota Komisi VI di mana total terdapat 9 fraksi.

"Dengan demikian kuorum telah terpenuhi sebagaimana ditentukan dalam Pasal 251 Ayat 1 Peraturan DPR-RI tentang tata terbit. Dengan ucapkan Bismillahirrahmanirrahim, izinkan saya buka rapat kerja ini," kata Faisol membuka rapat.

Menteri BUMN periode sebelumnya, Rini Soemarno diboikot oleh DPR sejak Desember 2015. Hal itu bermula ketika ada rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) Angket Pelindo II yang meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Rini dari jabatannya,

Pansus menilai Rini melanggar konstitusi dalam perpanjangan kontrak pengelolaan PT Jakarta International Container Terminal (JICT), selaku anak usaha PT Pelindo II.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...