Katadata Kerja Sama Riset dengan Tiga Kabupaten

Redaksi
Oleh Redaksi
29 November 2019, 22:07
Penandatangan MOU kerjasama riset dan publikasi antara Kabupaten Sangihe dan Katadata.co.id untuk mengakselerasi dan menciptakan inovasi daerah.
Arief Kamaludin|Katadata
Penandatangan MOU kerjasama riset dan publikasi antara Kabupaten Sangihe dan Katadata.co.id untuk mengakselerasi dan menciptakan inovasi daerah.

Chief Executive Officer (CEO) Katadata, Metta Dharmasaputra menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai kerjasama riset dengan tiga bupati. Ketiganya adalah Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana; Bupati Tegal, Umi Azizah dan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di sela acara diskusi Terobosan Daerah Membangun Negeri dan pemberian apresiasi “Indeks Kelola” yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil mengelola anggaran secara efektif untuk tujuan pembangunan di The Djakarta Theatre, Jakarta pada Kamis malam, 28 November 2019.

Advertisement

Tujuan dari kerjasama antara Katadata dengan ketiga Pemda ini adalah untuk mendukung akselerasi dan terciptanya inovasi daerah dalam pembangunan di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian di masing-masing kabupaten tersebut. “Melalui kerjasama ini diharapkan program dan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah sejalan dengan kebutuhan prioritas untuk pembangunan di masing-masing daerah,” ujar Metta Dharmasaputra.

(Baca: Kabupaten Sangihe dan Katadata Kerja Sama Bangun Inovasi Daerah)

Metta menjelaskan efektivitas dan optimalisasi pengelolaan APBD merupakan salah satu instrumen penting bagi Pemda dalam mewujudkan keberhasilan dalam pembangunan daerah yang berkaitan dengan pelayanan publik, baik di bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerah.

Guna memacu efektivitas penggunaan APBD dalam mewujudkan pembangunan daerah, Katadata Insight Center (KIC) melakukan pengukuran mengenai kinerja pemerintah daerah dan efektivitas daerah dalam mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan pembangunan di masing-masing daerah. Metode pengukuran ini dikenal dengan nama Indeks Kelola.

Metode ini disusun dan disiapkan oleh tim riset dan data bersama tim analis dan stastician dari Katadata Insight Center, lembaga riset independen. Dalam penyusunan metode ini, mereka dibantu oleh panel ahli, yakni sejumlah ekonom yang mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada (UGM). Para ekonom tersebut adalah Dr. Elan Satriawan M.Ec., Dr. Rimawan Pradiptyo, M.Sc.; serta Dr. Gumilang Aryo Sahadewo, M.A.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement