Eks Menkominfo Rudiantara Duduki Kursi Dirut PLN

Image title
Oleh Ekarina
25 November 2019, 14:42
Eks Menkominfo Rudiantara Tempati Kursi Dirut PLN
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara di acara Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia bersama Katadata mengadakan diskusi dan peluncuran buku Indonesia Menuju 5 Besar Dunia di The Ballroom Theater XXI, Jakarta Pusat (12/9).

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kabar tersebut dibenarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung setelah sidang Tim Penilai Akhir (TPA) selesai digelar. 

"Mudah-mudahan segera dilantik, yang jelas saya sudah tanda tangan," kata Pramono di kantornya di Jakarta, Senin (25/11).

Advertisement

Rudiantara merupakan Menkominfo periode 2014-2019. Sebelum memimpin kementerian, dia pernah menjadi Wakil Direktur Utama  PLN pada 2008-2009.

(Baca: Mantan Menteri Kominfo Optimistis Ada 3 Unicorn Baru pada 2020)

Selama di PLN, ia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt. Setelahnya, dia mengundurkan diri.

Pelantikan Rudiantara sebagai Dirut PLN, tinggal menunggu Menteri BUMN Erick Thohir. "(TPA) sudah selesai. Bolanya di Menteri BUMN," tambah Pramono.

Pramono menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo sedang berkonsentrasi untuk memperbaiki kondisi perekonomian. Salah satu yang ingin segera diselesaikan yakni mengenai masalah di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Adapun beberapa BUMN besar yang akan dibenahi di antaranya Pertamina, PLN dan Inalum. "Kemudian juga perbankan  seperti Mandiri, BTN dan beberapa bank lain," ungkap Pramono.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya telah menyampaikan sejumlah nama yang menjadi komisaris maupun direksi BUMN.

Nama-nama tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Ahok akan didampingi Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin sebagai Wakil Komisaris sedangkan Direktur Keuangan adalah Emma Sri Martini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement