Jalan Santai, Imam Masjid Istiqlal & Ma'ruf Amin Bahas Toleransi Agama

Image title
17 November 2019, 13:09
Wakil Presiden Maruf Amin (empat kiri) bersama Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar (tiga kiri) mengikuti jalan santai Antar Iman di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Kegiatan Jalan santai yang diikuti warga lintas agama dan keyak
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Wakil Presiden Maruf Amin (empat kiri) bersama Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar (tiga kiri) mengikuti jalan santai Antar Iman di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Kegiatan Jalan santai yang diikuti warga lintas agama dan keyakinan itu bertujuan untuk menumbuhkan toleransi dan merawat kebhinekaan.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar menemani Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam kegiatan jalan sehat lintas agama (interfaith walk) di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (17/11). Di sela kegiatannya, Nasaruddin diminta wapres untuk menyelesaikan sisa-sisa konflik melalui peningkatan toleransi antar umat beragama. 

"Sekitar 30 menit kami berdiskusi bagaimana menyelesaikan sisa-sisa konflik dengan cara yang seperti ini (toleransi beragama). Beliau sangat mengapresiasi bahwa nanti ke depan bisa kita lakukan yang lebih masif," ujarnya. 

Advertisement

Menurut dia, dengan menyatukan keberagaman beragama yang dianut warga Indonesia bisa menjadi contoh bagi negara lain. Pasalnya, berbagai narasi negatif yang muncul di masyarakat berpotensi memecahbelah bangsa.

(Baca: Menag Sebut Belajar Agama Lewat Medsos Rawan Jadi Intoleran)

Karena itu, ke depan, keduanya sepakat edukasi tentang kerukunan umat bergama juga akan digelar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. "Inshaa Allah kalau ini bisa dilakukan menjadi trend setter bukan hanya Indonesia, tetapi negara lain juga bisa melakukan. Jadi kita memulai di Indonesia seperti ini," kata dia.

Salam Lintas Agama

Nasaruddin juga mengomentari mengenai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait imbauan penjabat tak menggunakan salam lintas agama.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement