Menag Sebut Belajar Agama Lewat Medsos Rawan Jadi Intoleran

Rizky Alika
14 November 2019, 10:05
Agama, Menag, Fachrul Razi, Radikalisme,
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Agama Fachrul Razi (tengah) menyebut konten agama di medsos banyak yang berisi ajaran radikal dan intoleran.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan saat ini sebagian masyarakat Indonesia gemar belajar atau mencari informasi tentang agama atau mengakses kontennya melalui media sosial (medsos). Padahal banyak konten di media sosial tanpa proses verifikasi sehingga rentan terpapar sikap intoleran hingga rawan ideologi radikal

Berdasarkan laporan berjudul "Essential Inside Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerence Use Around the Wolrd" pada 30 Januari 2018, total populasi Indonesia sebanyak 255,4 juta yang menjadi pengguna aktif media sosial mencapai 130 juta orang. Sebanyak 127 juta orang menggunakan ponsel untuk mengakses media sosial.

Advertisement

Sedangkan berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2019, indeks diseminasi media sosial Indonesia mencapai 39,89 dari skor tertinggi sebesar 100.

"Ada 9,89 orang Indonesia yang menggunakan medsos mencari dan menyebarkan konten tentang agama," ujar Fachrul dalam Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11).

(Baca: Diminta Urus Radikalisasi, Menag Fachrul Razi: Tangani dengan Smooth)

Dari laporan tersebut, indeks orang yang mencari keberadaan Tuhan mencapai 43,91, sifat-sifat Tuhan 40,31, kuasa Tuhan 40,31, dan kisah hidup orang-orang suci 36,72.

Menurut Fachrul, data itu menunjukkan minat terhadap isu pemahaman agama di media sosial sangat tinggi. Data tersebut juga mencerminkan setengah dari keseluruhan masyarakat Indonesia menggunakan medsos untuk interaksi dan mencari informasi kehidupan, termasuk agama.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement