Portal Pendaftaran CPNS Sudah Diserbu 20 Ribu Calon Pelamar

Image title
Oleh Ekarina
11 November 2019, 15:05
Warga mencoba menjawab soal saat mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019). Pemerintah akan membuka portal pendaftaran CPNS malam nanti pukul 23.11
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Warga mencoba menjawab soal saat mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019). Pemerintah akan membuka portal pendaftaran CPNS malam nanti pukul 23.11 WIB.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut antusiasme masyarakat terhadap pendaftaran calon  pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 cukup tinggi. Tercatat, sejak Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SCASN) resmi dibuka pagi tadi, sebanyak 20 ribu calon pelamar telah mengakses laman tersebut.

"Sedikitnya 20 ribu calon pelamar telah mengakses laman tersebut hingga pukul 11.00 WIB," kata Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono di Jakarta, Senin (11/11).

BKN  menggandeng penyedia akses jaringan yaitu PT Telkom Indonesia Tbk dalam proses pendaftaran CPNS online kali ini.

Advertisement

(Baca: Pendaftaran CPNS Online Dibuka Nanti Pukul 11 Malam, Ini Tata Caranya)

Pihaknya juga menyatakan terus bersiaga mengantisipasi potensi gangguan pada sistem laman sscasn.bkn.go.id menyusul tingginya antusiasme masyarakat yang mengakses informasi di portal terebut. 

"Telkom dan BKN bersiaga untuk mengantisipasi jaringan ini jangan sampai down. Kalau dilihat dari lalu lintas pengakses yang masuk pada pagi hari ini, memang antusiasme cukup besar," katanya.

Guna mengantisipasi gangguan jaringan, BKN dan Telkom telah menambah kapasitas jaringan hingga lima giga bit per detik dan akan terus ditambah.Begitu juga dengan peladen dan penyimpanan.

(Baca: Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, 8 Kementerian Tawarkan Ribuan Lowongan)

"Kami sudah pakai lima terra untuk penyimpanan. Karena nanti dokumen akan diunggah di sana. Tapi nanti akan kita naikkan lagi," katanya.

Dengan pemutakhiran sistem tersebut diharapkan bisa menjaga proses pendaftaran tetap berjalan kondusif. Terlebih, proses pendaftaran CPNS online baru akan dibuka mulai pukul 23.11 WIB nanti.

Pemerintah pusat membuka 37.425 lowongan di 68 kementerian/lembaga. Tercatat ada 10 instansi pemerintah dengan lowongan CPNS 2019 terbanyak seperti yang ditampilkan dalam databoks berikut. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement