Gelar Kongres, Nasdem Undang Seluruh Partai termasuk PKS dan PAN

Dimas Jarot Bayu
6 November 2019, 18:52
Partai Politik, Nasdem, PKS, PAN, Koalisi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate memberikan keterangan pers menjelang Kongres II dan HUT ke-8 Partai Nasdem di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Partai NasDem akan menggelar Kongres II dan perayaan HUT ke-8 pada 8-11 November di JIExpo Kemayoran, Jakarta dengan agenda diantaranya pemilihan ketua umum partai dan perumusan Garis Besar Haluan Partai.

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) bakal mengundang seluruh partai yang ada di parlemen untuk menghadiri Kongres II Nasdem di Jakarta International Expo, Kemayoran pada 8-11 November 2019. Dengan begitu, Nasdem tak hanya akan mengundang partai yang berada di barisan pendukung pemerintah, tetapi juga yang di luar koalisi seperti PKS, PAN, Demokrat. 

“Proses undangan sedang dilakukan. Nanti akan ada konfirmasi dan rekonfirmasi,” kata Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G Plate di kantor DPP NasDem di Jakarta, Rabu (6/11).

Menurut Johnny, pihaknya mengundang seluruh partai di parlemen karena sudah ada konsolidasi politik. Hal itu dilakukan melalui revisi Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

(Baca: Punya Kedekatan Sejarah, Anies Baswedan Bakal Buka Kongres II Nasdem)

Johnny menambahkan, hubungan antarpartai di parlemen tak boleh rusak. “Persahabatan itu harus dijaga dengan baik utk kepentingan negara dan kepentingan kelompok partai politik diperjumpakan di kepentingan negara,” katanya.

Lebih lanjut, politisi Nasdem yang menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) ini membantah jika safari politik Nasdem selama ini dilakukan hanya demi kepentingan pragmatis partai semata. Menurutnya, safari politik Nasdem dilakukan dalam rangka kepentingan bangsa dan negara.

“Yang berimplikasi ke jalannya kabinet dan Nasdem akan jadi garda terdepan,” kata Johnny.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...