Pangkas Peran Tengkulak, Bulog Jual Beras dan Bahan Pangan Via Online

Image title
Oleh Ekarina
1 November 2019, 15:34
Selain memasarkan penjualan beras lewat toko online, Bulog juga akan mengembangan 50 varian beras untuk dijual secara komersil.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Selain memasarkan beras lewat toko online, Bulog juga akan mengembangan 50 varian beras untuk dijual secara komersil.

Perum Bulog merambah platform online atau e-commerce dalam memasarkan beras dan sejumah bahan pangan lainnya ke konsumen. Hal ini selain untuk meningkatkan penjualan, juga untuk memangkas rantai pasok distribusi pangan dari tangan tengkulak maupun mafia yang kerap memainkan harga jual  di pasar.

Perusahaan menyatakan telah melakukan soft launching  aplikasi toko yang diberi nama PangananDotcom bertepatan dengan HUT Bulog 25 Oktober lalu.

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso mengatakan penjualan digital ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok, tanpa harus pergi ke pasar. "Masyarakat tinggal pesan secara online dan pengiriman dilakukan langsung ke rumah pembeli,” ujarnya di Jakarta, Jumat (1/11).

(Baca: Masuk ke Platform Digital, Bulog Siapkan Investasi Rp 1 Miliar)

Adapun pada penjualan onlinenya itu, Bulog salah satunya sudag bekerjasama dengan platform e-commerce Shoppe. Pria yang akrab disapa Buwas ini mengklaim, toko online PangananDotcom mendapat respons positif masyarakat. Pasalnya, selang beberapa hari sejak diluncurkan, hingga saat ini toko online tersebut telah memiliki sekitar 1.100 orang pengikut.

Melalui toko onlinenya ini, Bulog menjual berbagai bahan pangan seperti beras hingga mie instan. Namun demikian, Buwas juga menegaskan toko onlinenya tersebut tak hanya menjual produk beras dari mereknya sendiri, tetapi sebagian ada pula merek produsen lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...