Usai Bertemu PKS, Nasdem Pastikan Tetap Berada di Koalisi Pemerintah

Dimas Jarot Bayu
31 Oktober 2019, 18:36
 Ketum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) berjabat tangan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kedua kiri). Kendati telah bertemu PKS, Nasdem menyatakan partainya tetap berada di dalam koalisi pemerintah.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) berjabat tangan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kedua kiri). Kendati telah bertemu PKS, Nasdem menyatakan partainya tetap berada di dalam koalisi pemerintah.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate memastikan bahwa pertemuan partainya dengan Partai Keadlilan Sejahtera (PKS) tidak serta merta memberi sinyal untuk beroposisi. Menurut Johnny, Nasdem tetap akan berada di barisan pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Memang kaki manusia ada dua, jangan tiga, sikap politik (Nasdem) satu, yakni partai koalisi pemerintah dan berada di pemerintahan,” kata Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10). 

Menurut Johnny, pertemuan tersebut hanyalah dalam rangka silaturahmi. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia.

(Baca: Kunjungi PKS, Surya Paloh Sebut Tak Masalah Bila NasDem Jadi Oposisi)

Pasalnya, saat ini banyak tantangan global yang menerjang Indonesia, seperti pelemahan pertumbuhan ekonomi dunia dan perang dagang Tiongkok-Amerika Serikat. Tanpa adanya stabilitas politik, sulit bagi Indonesia untuk bisa menghadapi berbagai tantangan tersebut.

“Kita punya banyak tantangan, untuk itu butuh ada satu soliditas nasional, kesatuan dan persatuan dalam negeri dirajut kembali setelah Pemilu,” kata Johnny.

Dia pun mengamini pernyataan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengenai pentingnya kelompok penyeimbang di luar pemerintahan. Menurut Johnny, perlu adanya pihak yang melakukan tugas check and balances terhadap kerja pemerintah.

Hal ini agar kebijakan negara bisa berjalan dengan baik. “Untuk kepentingan pemerintah, kami punya kepentingan  baik,” ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...