Cegah Lobi, Calon Kapolri Idham Azis Janji Tak Temui Anggota di Rumah

Dimas Jarot Bayu
30 Oktober 2019, 14:10
Calon Kapolri, Idham Aziz, DPR
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Aziz (kedua kanan) didampingi keluarga menerima kunjungan Ketua Komisi III DPR Herman Hery (kiri) beserta anggota di kediaman pribadinya di Jakarta, Rabu (30/10/2019). Kunjungan Ketua dan sejumlah anggota Komisi III DPR ke kediaman Kabareskrim Polri untuk mengetahui latar belakang kehidupan dan keluarga calon tunggal Kapolri tersebut.

Komjen (Pol) Idham Azis berjanji dirinya tak akan bertemu dengan anggota Polri di rumah dinas jika dirinya terpilih menjadi Kapolri. Hal itu dilakukan untuk menghindari praktik lobi antara dirinya dengan anggota Polri.

Idham berpendapat, hanya ada tiga tujuan ketika seorang anggota Polri menghadap ke rumah dinas Kapolri, yakni dalam rangka meminta jabatan, mempertahankan jabatan, dan meminta sekolah.

Advertisement

“Kalau nanti saya diberi amanah, saya tidak akan pernah menerima anggota di (Jalan) Pattimura,” kata Idham saat menerima kunjungan Komisi III DPR di kediamannya di kawasan Panglima Polim, Jakarta, Rabu (30/10).

Menurut Idham, anggota Polri lebih baik langsung bertemu dirinya di kantor. Mereka pun bisa juga langsung menyampaikan pesan kepada Idham lewat aplikasi percakapan Whatsapp.

(Baca: Komisi III DPR Gali Latar Belakang Personal Calon Kapolri Idham Azis)

Idham menilai bentuk-bentuk komunikasi itu sama saja dengan menemuinya di rumah dinas. “Yang jelas-jelas saja kita bikin,” kata Idham.

Selain itu, Idham memastikan dirinya tak akan melibatkan istri dan anak-anaknya dalam urusan pekerjaan sebagai Kapolri. Menurutnya, istrinya lebih baik fokus mengurusi masalah domestik.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement