Jokowi Bakal Tindak Lanjuti Usulan Pemekaran Pegunungan Tengah Papua

Dimas Jarot Bayu
28 Oktober 2019, 16:44
Presiden Joko Widodo (tengah) mengunjungi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu, (27/10/2019). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa dan disa
ANTARA FOTO/Setpres-Kris
Presiden Joko Widodo (tengah) mengunjungi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu, (27/10/2019). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa dan disambut penampilan tarian Tari Tumbu Tanah yang merupakan tarian khas Suku Besar Arfak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menindaklanjuti usulan pemekaran wilayah di Pegunungan Tengah, Papua. Hal tersebut ia sampaikan ketika berdialog dengan sejumlah tokoh Papua di Wamena, Jayawijaya, Papua, Senin (28/10).

Jokowi menjelaskan bahwa pemekaran wilayah di seluruh Indonesia sedang dimoratorium. Pasalnya, sampai saat ini ada sekitar 183 usulan pemekaran, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah disampaikan kepada pemerintah.

Dia khawatir jika ada satu wilayah yang dimekarkan, maka permintaan tersebut akan diikuti wilayah lainnya. “Begitu dibuka satu, yang lain pasti ngantre di depan kantor saya setiap hari," kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Setuju Usulan Pemekaran Wilayah di Papua)

Meski begitu, Jokowi menyatakan Pegunungan Tengah akan dikecualikan dari moratorium. Karenanya, usulan pemekaran wilayah Pegunungan Tengah akan ditindaklanjuti setelah kepulangannya dari Papua.

"Khusus untuk Pegunungan Tengah, jangan tepuk tangan dulu, akan saya tindak lanjuti," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...