Berharap Kerja Sama BUMN & Swasta, Ketua Kadin: Saya Lama Kenal Erick

Rosan berharap perusahaan BUMN semakin ekspansif seiring dengan kerja sama dengan swasta.
Image title
23 Oktober 2019, 20:57
Gedung Kementerian BUMN
Arief Kamaludin|KATADATA

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berharap kinerja Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin ekspansif di bawah kepemimpinan Eric Thohir. Hal itu diharapkan terealisasi dengan kerja sama BUMN dengan swasta.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. Roeslani meyakini di bawah kepemimpinan Erick kerja sama antara perusahaan BUMN dan swasta akan semakin baik. Erick sangat mengerti cara mengembangkan perekonomian.

"Saya sudah kenal dengan Erick 20 tahun. Sudah kenal dari SMP, kami berjuang bareng. Dia sangat mengerti, kerja sama BUMN dengan swasta mutlak harus dilakukan," kata Rosan di Jakarta, Rabu (23/10).

(Baca: Serah Terima Jabatan, Rini Soemarno Beberkan PR BUMN ke Erick Thohir)

Advertisement

Dengan kerja sama yang baik, diharapkan tercipta iklim usaha yang positif sehingga mampu meningkatkan sektor usaha.

Kadin juga menyatakan siap memberikan masukan, khususnya di sektor infrastruktur. Karena, pada sektor ini banyak memiliki peluang kerja sama dengan swasta.

Selain itu, sektor perbankan perlu dikonsolidasi secara benar, karena perbankan merupakan sumber pendanaan. Ia berharap ke depan, holding BUMN semakin kuat dan menjadikan perusahaan BUMN menjadi pemain global.

(Baca: Jadi Menteri BUMN, Harga Saham Perusahaan Erick Thohir Malah Turun 8%)

"Kalau itu dikonsolidasikan secara benar, itu sudah jadi pemain regional. Size ekonomi akan semakin membesar, kebutuhan pendanaan juga pasti besar," kata dia.

Adapun Erick Tohir telah resmi melakukan serah terima jabatan dengan Menteri BUMN sebelumnya yakni Rini Soemarno. Usai menerima mandat, Erick menyebutkan akan menuntsakan beberapa proyek besar, seperti Kereta Cepat Jakarta Bandung, kesepakatan proyek Kilang Cilacap yang melibatkan Saudi Aramco dengan Indonesia.

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait