Pengusaha Minta Menteri Bidang Ekonomi dari Parpol Unjuk Kemampuan

Rizky Alika
23 Oktober 2019, 12:17
Presiden Joko Widodo bersiap mengambil sumpah jajaran menteri dalam rangkaian pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo bersiap mengambil sumpah jajaran menteri dalam rangkaian pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani meminta menteri-menteri baru di bidang ekonomi untuk menunjukkan kompetensinya. Pasalnya, banyak dari tokoh yang menjabat menteri bidang perekonomian berasal dari kalangan partai politik (Parpol).

Beberapa menteri yang dimaksud di antaranya adalah Menteri Perdagangan (Mendag) yang dijabat Agus Suparmanto, yang merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lalu, Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar.

Advertisement

(Baca: Jokowi Resmi Melantik Para Menteri Kabinet Indonesia Maju)

Kemudian Menteri Perindustrian (Menperin) yang juga dijabat politisi Golkar, Agus Gumiwang serta Menteri Pertanian yang dipegang Syahrul Yasin Limpo yang meruapakan politisi Partai Nasdem. 

"Mendag dan Menperin perlu menunjukkan kompetensi mereka dalam menjalankan fungsi jabatan menteri di bidang ekonomi," kata Shinta kepada katadata.co.id, Rabu (23/10).

Oleh karena itu, pelaku usaha masih menunggu (wait and see) kinerja mereka dalam menghadapi berbagai tantangan perekonomian saat ini.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement