Temui Jokowi, Politisi PKB Agus Suparmanto Diminta Urus Perdagangan

Rizky Alika
22 Oktober 2019, 19:40
Politikus PKBa Agus Suparmanto tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Politikus PKB Agus Suparmanto tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Agus Suparmanto hadir di Istana Merdeka pada pukul 15.52 WIB. Dalam pembicaraannya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Agus menyatakan dirinya diminta untuk mengurusi soal perdagangan dalam susunan kabinet baru periode 2019-2024.

"Untuk mendukung program Presiden, kami akan majukan komoditas dalam negeri sehingga ekspor lebih baik," kata dia di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/10).

Advertisement

Selain itu, ia dan Jokowi juga membahas komoditas di dalam dan luar negeri maupun bidang internasional. Meski begitu, ia enggan menjelaskan secara detail apakah posisi yang ditawarkan merupakan kursi menteri perdagangan.  Menurutnya, detail penugasan akan diumumkan oleh Jokowi pada esok hari.

Peningkatan kinerja ekspor saat ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Lesunya ekspor menjadi salah satu penyebab meningkatnya defisit neraca perdagangan Indonesia.

(Baca: Deret Calon Menteri dari PKB yang Incar 6 Kementerian )

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS),  neraca perdagangan pada September 2019 defisit sebesar US$  160 juta, memburuk dibanding bulan sebelumnya yang mencatatkan surplus US$ 85 juta. Defisit tersebut terutama disebabkan kinerja ekspor yang turun, sementara impor mulai meningkat. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement