Eks Menteri Jokowi, Sofyan Djalil dan Tjahjo Kumolo Merapat ke Istana

Rizky Alika
22 Oktober 2019, 15:54
Mantan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambangi Istana Negara, Selasa (22/10).
Rizky Alika/ Katadata
Mantan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambangi Istana Negara, Selasa (22/10).

Mantan Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019 Tjahjo Kumolo tiba di Istana Negara sore ini. Kedatangannya di sana hampir berbarengan dengan mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil sore ini tiba di Istana Negara sekitar pukul 15.03 WIB.

Keduanya kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang.  Mantan menteri ini juga kompak tak berkomentar ketika tiba di istana. Mereka hanya melempar senyum dan lambaian tangan kepada wartawan.

(Baca: Dipanggil Jokowi, Wakil Bendahara PDIP Berpeluang Jadi Menteri Sosial)

Tjahjo menjadi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ketiga yang dipanggil ke istana hari ini. Sebelumnya, dua politisi dari partai berlambang kepala banteng terpantau memenuhi panggilan Jokowi yakni Juliari Batubara dan Yasonna Laoly.

Hari ini Jokowi kembali memanggil beberapa tokoh yang akan menduduki kursi menteri kabinet periode 2019-2024. Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan eks Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya tampak hadir di istana. Keduanya menyatakan dipercaya kembali oleh Jokowi untuk mengisi kembali jabatan yang pernah diemban.

(Baca: Budi Karya, Yasona, dan Moeldoko Berkemeja Putih Merapat ke Istana)

Sementara itu, politisi Golkar Agus Gumiwang kemungkinan menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Ada pun Wakil Bendahara Umum PDIP Juliari Batubara diperkirakan menjabat Menteri Sosial.

Berikut daftar tokoh yang dipanggil ke Istana Kepresidenan dalam rangkaian perkenalan calon menteri pada Senin (20/10) hingga Selasa (21/10) sore pukul 15.40 WIB :

1. Mahfud Md

2. Nadiem Makarim

3. Wishnutama

4. Erick Thohir

5. Tito Karnavian

6. Airlangga Hartarto (Golkar)

7. Pratikno

8. Fadjroel Rachman

9. Nico Harjanto

10. Prabowo Subianto (Gerindra)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...