Merapat ke Istana, Basuki Beri Sinyal Lanjutkan Jabatan di Kemen PUPR

Dalam pertemuannya, Basuki diminta presiden melanjutkan pembangunan infrastruktur sesuai visi pemerintah yang kedua.
Image title
22 Oktober 2019, 14:31
Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kabinet kerja periode 2014-2019 memenuhi panggilan presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara siang ini. Dalam pertemuannya, ia menyatakan kembali diminta presiden melanjutkan pembangunan infrastruktur sesuai visi pemerintah yang kedua.

Basuki menyatakan, presiden meminta infrastruktur yang sudah dibangun untuk disambungkan dengan kawasan ekonomi khusus, kawasan pariwisata serta kawasan industri di Brebes, Magetan dan Ngawi.

"Saya juga diminta menyambungkan pembangunan infrastruktur dengan kawasan destinasi wisata Danau Toba, Mandalika, Borobudur dan Likupang," ujarnya di Kompleks Istana Negara, Selasa (22/10).

(Baca: Baru Ditelefon Jokowi, Basuki Hadimuljono Datang ke Istana  )

Selain masalah infrastruktur, Jokowi juga menanyakan kepadanya perihal kelanjutan sayembara desain ibu kota baru. Menurutnya, presiden cukup terkejut dengan sayembara lantaran sudah diikuti 762 peserta.

Namun, dia menjelaskan sebagian besar peserta yang ikut sayembara tak semata-mata mengejar hadiah yang ditawarkan, melainkan karena dorongan keinginan dan kebanggaan tersendiri. "Bisa masuk 10 besar saja menurut mereka sebagai ahli sudah cukup membanggakan," ujarnya.

Basuki juga menuturkan pertemuannya dengan orang nomor satu RI tadi berlangsung cukup lama, lantaran sambil diselingi makan siang serta ditemani lantunan musik grup band Queen serta Metallica.

Atas permintaan presiden membantunya di kabinet periode kedua, Basuki pun meminta doa masyarakat agar bisa menjalankan tugas dengan konsisten. "Saya berterima kasih kepada teman-teman. Jika besok saya dilantik, mohon doanya semoga saya bisa istiqomah," ujarnya.

(Baca: Beberapa Menteri Berkemas dari Rumah Dinas, Basuki Tetap Bertahan)

Sejumlah tokoh sudah mendatangi Istana Negara sejak pagi. Beberapa di antaranya yakni Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Politikus PDIP Juliari Batubara, Politikus Golkar Agus Gumiwang, Politikus PPP Soeharso Monoarfa, serta Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo dan Sitti Nurbaya yang sebelumnya juga menjabat sebagai mantan Menteri Lingkungan Hidup.

Dari seluruh tokoh yang datang, hanya Sri Mulyani yang menyebut posisi yang akan diembannya pada kabinet mendatang, yakni kembali menjadi Menteri Keuangan.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait