Presiden Tiongkok Utus Wakilnya Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Image title
Oleh Ekarina
15 Oktober 2019, 10:05
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).

Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping bakal menugaskan wakilnya, Wang Qishan untuk menghadiri pelantikan presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden Ma'ruf Amin pada 20 Oktober mendatang di Jakarta. Prosesi pelantikan bakal dihadiri sejumlah tamu negara sahabat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam keterangannya mengatakan, kehadiran Wakil Presiden Wang Qishan ke Indonesia dalam rangka memenuhi undangan pemerintah. 

"Wang Qishan akan menjadi utusan khusus Presiden Xi untuk menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 20 Oktober," dikutip dari Antara, Selasa, (15/10).

(Baca: Trump Kirim Menteri Transportasi AS Hadiri Pelantikan Jokowi-Amin)

Setelah dari Jakarta, Wapres Wang akan terbang ke Tokyo untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito pada Selasa (22/10).

Mantan Wali Kota Beijing itu menyatakan memiliki kesan tersendiri dengan Indonesia karena sudah pernah mengunjungi Jakarta.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi Forum Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) di Beijing pada April lalu, Wang juga menerima kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tiga bulan setelahnya, ia juga diketahui menerima kunjungan Presiden Indonesia kelima Megawati Sukarnoputri di Beijing.

Saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, Wapres Wang menyampaikan kekagumannya kepada mendiang Soekarno atas inisiatifnya menggelar Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

Selain Tiongkok, seterunya dalam perang dagangnya juga bakal bertandang ke Jakarta.

(Baca: Usai Kunjungi Istana, Prabowo Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Maruf)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...