Kembangkan Bandara Sentani, Angkasa Pura I Siapkan Investasi Rp 500 M

Image title
Oleh Ekarina
14 Oktober 2019, 14:04
ilustrasi bandara. PT Angkasa Pura I menyiapkan investasi Rp 500 miliar untuk mengembangkan Bandara Sentani,Papua.
Katadata
Ilustrasi Bandara. PT Angkasa Pura I menyiapkan investasi Rp 500 miliar untuk mengembangkan Bandara Sentani,Papua.

PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan investasi Rp500 miliar untuk mengembangkan Bandara Sentani, Jayapura, Papua. Perusahaan resmi ditunjuk sebagai pengelola bandara melalui skema kerja sama pemanfaatan (KSP) dengan Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, dana tersebut sebagian akan digunakan untuk peningkatan landas pacu (runway) . Hal ini bertujuan agar landasan dapat didarati pesawat berbadan besar.

Selain itu, dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, perseroan juga akan melakukan penataan dan pengembangan sisi darat, baik terminal penumpang maupun area parkir kendaraan.

"Bandara Sentani merupakan entry point sekaligus hub bagi distribusi kargo dan penumpang di Papua," ujarnya dikutip dari Antara, Senin (14/10).

(Baca: Tiket Pesawat Mahal, Angkasa Pura I Kehilangan 3,5 Juta Penumpang )

Terkait penandatanganan KSP, perusahaan menyatakan hal ini merupakan wujud kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Dengan demikian, saat ini terdapat 15 bandara yang dikelola AP I.

Kerja sama tersebut nantinya mencakup pengelolaan, optimalisasi, dan pengembangan Bandara Sentani, sebagaimana yang diamanatkan Kementerian Perhubungan.

AP I nantinya juga berkewajiban membagi keuntungan setiap tahunnya kepada pemerintah. Kerja sama ini berlangsung dengan periode selama 30 tahun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan dengan penandatangan KSP ini, AP I diharapkan bisa menjukkan profesionalitas dalam pengelolaan bandara yang diserahkan  pemerintah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...