Palapa Ring Resmi Beroperasi, Jokowi: Jangan untuk Fitnah dan Hoaks

Dimas Jarot Bayu
14 Oktober 2019, 13:32
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut ak
antara foto
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan beroperasinya Palapa Ring dapat meningkatkan konektivitas internet di seluruh Indonesia. Namun, presiden mengimbau agar peningkatan konektivitas tersebut tak disalahgunakan untuk menyebar ujaran kebencian, fitnah maupun berita bohong atau hoaks di media sosial.

“Saling menjelekkan, saling mencela di media sosial harus dihentikan,” kata Jokowi saat peresmian operasional Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Advertisement

Menurutnya, penyebaran tindakan tersebut harus dicegah untuk mempererat persatuan Indonesia. Selain itu, dia pun meminta agar kejahatan siber dapat turut dicegah agar tak semakin berkembang di Indonesia.

(Baca: Jokowi Resmikan Operasional Proyek Palapa Ring)

Jokowi berharap beroperasinya Palapa Ring dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pula menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mantan Walikota Solo juga menginginkan, infrastruktur ini dapat memperbaiki pendidikan sampai ke wilayah pelosok Indonesia. “Juga untuk memperkuat perdagangan, menghubungkan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional bahkan pasar global,” kata dia.

Jokowi lantas meminta aparat pemerintah memanfaatkan operasi “tol langit” ini dalam pelayanan birokrasi. Dengan demikian, akan tercipta birokrasi yang efektif dan efisien di seluruh Indonesia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement