Insiden Penusukan Menkopolhukam Wiranto Tuai Sorotan Media Asing

Image title
Oleh Ekarina
10 Oktober 2019, 19:27
Mobil ambulance keluar dari Instalasi Gawat Darurat setelah mengantar Menko Polhukam Wiranto, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Menko Polhukam Wiranto dibawa dan dirawat di RSPAD setelah sebelumnya mendapat perawatan di RSUD Berkah Pan
ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Mobil ambulance keluar dari Instalasi Gawat Darurat setelah mengantar Menko Polhukam Wiranto, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Menko Polhukam Wiranto dibawa dan dirawat di RSPAD setelah sebelumnya mendapat perawatan di RSUD Berkah Pandeglang, Banten karena diserang orang tidak kenal saat kunjungan kerja di daerah tersebut.

Peristiwa penusukan yang dialami Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menuai sorotan dunia. Beberapa media asing baik dari Asia, Eropa hingga Timur tengah ikut mengabarkan insiden tersebut.

Kantor berita Aljazeera memberitakan kejadian yang dialami Wiranto lewat artikel berjudul "Indonesia's security minister Wiranto hurt after stabbing attack".

Dalam tulisannya, media ini mengutip pernyataan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo yang menyatakan Wiranto ditusuk oleh tersangka pelaku laki-laki dan telah diamankan bersama tersangka lain seorang perempuan.

Kantor Berita Prancis, AFP menulis peristiwa penikaman mantan Ketua Hanura itu dengan judul "Indonesia security minister injured in stabbing by suspected IS radical: police". Dalam artikelnya, AFP menulis tersangka pelaku utama penikam Wiranto diduga telah terpapar radikalisme ISIS, mengutip pernyataan Dedi Prasetyo.

(Baca: Jokowi Minta Kapolri dan Kepala BIN Usut Tuntas Penusukan Wiranto)

Informasi senada juga ditulis media Inggris, The Guardian dengan berita berjudul "Indonesia security minister stabbed by suspected Isis radical". The Guardian mengungkapkan, menteri Polhukam Wiranto ditikam oleh seorang lelaki yang dicurigai terpapar ideologi radikalisme Negara Islam.

Pensiunan jenderal militer itu diserang pria tak dikenal ketika sedang melakukan kunjungan resmi di Pandeglang, Banten. "Rekaman menunjukkan menteri jatuh ke tanah setelah keluar dari mobilnya ketika petugas keamanan bergerak untuk membelanya," tulis media tersebut.

Media Singapura The Straits Times mengangkat penyerangan terhadap Wiranto tersebut dengan tulisan berjudul "Indonesia chief security minister Wiranto attacked by assailant with knife".

Sementara situs berita Tiongkok, South China Morning Post (SMCP) juga mengangkat peristiwa ini dalam berita berjudul "Indonesian security minister Wiranto stabbed by Isis-linked radicals: police".

SMCP menulis, peristiwa siang hari itu terjadi ketika Wiranto keluar dari mobilnya setelah memimpin upacara pembukaan gedung baru di sebuah universitas di Pandeglang, Banten.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...