Prabowo Tentukan Sikap Politik Gerindra 3 Hari sebelum Jokowi Dilantik

Dimas Jarot Bayu
9 Oktober 2019, 19:15
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Politikus PDI Perjuangan yang juga Menko PMK Puan Maharani (kiri) menyampaikan keterangan pers usai pertemuan tertutup di Jakarta,
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Politikus PDI Perjuangan yang juga Menko PMK Puan Maharani (kiri) menyampaikan keterangan pers usai pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan kedua tokoh nasional bersama sejumlah elit Partai Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka silaturahmi pasca Pemilu Presiden 2019.

Sikap politik Partai Gerindra terkait posisinya di pemerintahan hingga kini masih menjadi teka-teki. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bakal segera memutuskan sikap partainya untuk lima tahun ke depan, melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra pada 15-17 Oktober mendatang.

“Apakah kita beroposisi atau jadi mitra internal dalam pemerintahan itu akan diputuskan sekitar tanggal 17 Oktober,” kata juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

Dahnil mengatakan, Rakernas rencananya digelar di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Prabowo juga bakal mengundang seluruh pimpinan DPP dan DPD Gerindra dalam Rakernas tersebut.

(Baca: Gerindra Bantah Lobi Prabowo-Mega Bahas Jatah Menteri)

Mereka juga bakal dimintai masukan terkait sikap politik partai tersebut ke depannya. “Di situlah Pak Prabowo akan menyampaikan kepada publik sikap politiknya dan sikap politik Gerindra,” ujar Dahnil.

Gerindra sebelumnya diisukan mendapatkan tawaran bergabung ke dalam koalisi pemerintah. Hal tersebut pun sempat dibenarkan Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...