Jokowi Sepakati Kerja Sama Ekonomi, Digital, Keamanan dengan Singapura

Image title
Oleh Ekarina
8 Oktober 2019, 21:43
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi PM Singapura Lee Hsien Loong (ketiga kiri), melakukan inspeksi pasukan, di Istana, di Singapura, Selasa (08/10/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/Feline Lim
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi PM Singapura Lee Hsien Loong (ketiga kiri), melakukan inspeksi pasukan, di Istana, di Singapura, Selasa (08/10/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long sepakat meningkatkan kerja sama. Beberapa sektor yang disepakati di antaranya yakni di sektor ekonomi, investasi, keamanan, digital hingga pendidikan.

Jokowi mengatakan, Indonesia menyambut kerangka negosiasi untuk 'flight information region' (FIR) atau kendali ruang udara yang sudah disepakati kedua negara.

Advertisement

"Indonesia menghormati posisi Singapura untuk mengawasi wilayah udaranya. Tim teknis kami sudah memulai negosiasi dan saya mendorong agar dipercepat," katanya di Istana Singapura, Selasa (8/10).

(Baca: Besok, Jokowi Bahas Peluang Investasi dan Vokasi dengan PM Singapura)

Di bidang ekonomi, Jokowi dan PM Singapura juga sepakat meningkatkan kerja sama keuangan antara bank sentral kedua negara, dalam pengelolaan likuiditas valas (bilateral liquidity management arrangement).

Mantan Walikota Solo ini juga menyambut meningkatnya partisipasi perusahaan dalam pengembangan kawasan industri Kendal dan Nongsa Digital Park, Batam.

"Kami menyambut baik tindak lanjut leader's retreat tahun lalu termasuk peningkatan tenant di Kawasan Indrustri Kendal, pembangunan Nongsa Digital Park karena Singapura telah mendukung dibukanya perusahaan Pegatron di Batam," ujarnya.

Kedua negara juga sepakat untuk mendorong kerja sama bilateral di bidang investasi dan perdagangan.

Selanjutnya di bidang infrastruktur, Indonesia menawarkan kerja sama pendanaan termasuk kereta api Makassar-Parepare dan bandara Labuan Bajo.

Lalu, kedua negara meningkatkan pendidikan vokasi termasuk operasionalisasi politeknik Kendal dan RISING (Republic of Indonesia and Singapore) Fellowship.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement