Jokowi dan PM Belanda Sepakati Isu Sawit Berkelanjutan

Dimas Jarot Bayu
7 Oktober 2019, 16:38
Kelapa Sawit, Jokowi, PM Belanda
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Siswa SD berjalan di samping tumpukan kelapa sawit di perkebunan kawasan Cimulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sawit diangkat menjadi salah satu isu yang dibahas presiden Jokowi ketika menerima lawatan PM Belanda Y. M. Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi dan Perdana Menteri Belanda Y. M. Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas sejumlah hal, termasuk yang  terkait isu kelapa sawit dan kebutuhan produksi sawit berkelanjutan.

Rutte mengatakan, sektor kelapa sawit saat ini memiliki masalah yang cukup kompleks. "Kami berupaya untuk mengubah situasi kompleks ini menjadi peluang," kata Rutte.

Advertisement

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menandatangani Memorandum of Understanding  (MoU) 'Joint Production on Sustainable Palm Oil' antara Indonesia dan Belanda. Adapun MoU tersebut telah diteken  pada 26 September 2019 di New York, Amerika Serikat. 

(Baca: Jokowi Ajak Belanda Investasi di Bidang Maritim dan Pengelolaan Air)

Penandatanganan MoU Indonesia-Belanda diapresiasi oleh mantan Walikota Solo tersebut. Jokowi menyebut, upaya ini diperlukan untuk mendukung penguatan kapasitas petani sawit skala kecil Indonesia, khususnya dalam memenuhi sertifikasi ISPO.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement