Wiranto Siapkan Pengamanan Maksimal Jelang Pelantikan DPR dan Presiden

Rizky Alika
30 September 2019, 14:42
Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers terkait kondisi terkini Papua di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (2/9/2019). Menko Polhukam Wiranto menyatakan aktivitas di Papua dan Papua Barat sudah mulai berangsur normal kembali, tapi akses internet
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers terkait kondisi terkini Papua di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (2/9/2019). Menko Polhukam Wiranto menyatakan aktivitas di Papua dan Papua Barat sudah mulai berangsur normal kembali, tapi akses internet masih tetap dibatasi oleh pemerintah dan akan segera dibuka kembali saat kondisi sudah kondusif.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto memastikan bakal memberikan pengamanan maksimal menjelang pelantikan anggota DPR/MPR RI besok serta presiden dan wakil presiden 20 Oktober mendatang. Pengamanan ketat menurutnya bakal dilakukan baik dari TNI maupun kepolisian.

"Jelas negara melakukan langkah pengamanan maksimal agar pelantikan berlangsung dengan baik," kata Wiranto saat memimpin rapat koordinator khusus (rakorsus) di kantornya, Senin (30/9).

Advertisement

Dia menyatakan, pemerintah tidak akan mempertaruhkan kemaanan negara dari ancaman kegiatan radikal, anarkis, dan inkonstitusional. Pemerintah akan selalu hadir dalam kondisi apa pun untuk menjaga pelaksanaan amanat konstitusi.

Pelantikan merupakan acara puncak dari pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2019. Artinya, ada pengesahan anggota DPR, presiden, dan wakil presiden yang dipilih langsung oleh rakyat.

(Baca: TNI Kerahkan Ribuan Personel Perketat Penjagaan Pelantikan Anggota DPR)

Oleh karena itu, dia meminta seluruh masyarakat semestinya menjaga konstitusi yang telah disepakati bersama. Hal ini menjadi peran masyarakat dalam menjaga amanat konstitusi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement