Harga Emas Turun Tipis, Dipicu Kekhawatiran Gejolak Perang Dagang

Image title
Oleh Ekarina
30 September 2019, 10:31
harga emas
KATADATA/Agung Samosir
harga emas

Harga emas dunia kembali melemah pada perdagangan pasar spot, Senin (30/9) pagi. Penurunan harga emas hari ini salah satunya dipicu oleh kekhawatiran meluasnya perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Mengutip Reuters, harga emas perdagangan pagi ini dibuka berada di US$ 1.494,76 per ons, turun 0,2% dari posisi akhir pekan lalu. Harga tersebut juga menempati leve terendah sejak 18 September 2019, yang mana kala itu harga emas menyentuh US$ 1.486 per ons. Sedangkan pada pasar berjangka AS, harga turun 0,2% menjadi US$ 1.503 per ons.

Advertisement

Hubungan As-Tiongko terus menunjukkan ketidakpastian. Meskipun begitu, jelang perundingan dagang kedua negara 10 Oktober mendatang, Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen mengatakan akan berupaya menyelesaikan sengketa perdagangan mereka dengan sikap tenang dan rasional.

(Baca: Harga Emas Dunia Stabil Setelah Anjlok Imbas Ketidakpastian Politik AS)

Sebelumnya, tensi panas hubungan Negeri Paman Sam dan Negeri Panda kembali mencuat usai kabar pemerintah Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan menghapus perusahaan Tiongkok dari bursa saham AS, Jumat (27/9) lalu.

Namun, hal itu segera dibantah pejabat Departemen Keuangan AS sehari setelahnya. Kepada Bloomberg, pejabat itu menyatakan Amerika Serikat saat ini tidak berencana untuk menghentikan perusahaan Tiongkok dari aktivitas listing di bursa AS.

Perang dagang telah berdampak kepada perekonomian kedua negara. Pengeluaran konsumen AS relatif stagnan pada Agustus, sedangkan nvestasi bisnis tetap lemah di tengah ketegangan perdagangan yang masih berlangsung.

Hal tersebut mendorong sejumlah ekonom memangkas estimasi pertumbuhan ekonomi keduanya pada kuartal ketiga 2019.

(Baca: Investor Buru Dolar AS Antisipasi Pemakzulan Trump, Harga Emas Anjlok)

Di tengah penurunan harga emas dunia, harga Emas Antam mencatat sedikit penurunan. Mengacu pada logammulia.com, harga emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung tercatat Rp 761 ribu per gram, turun Rp 1000 dibanding perdagangan Jumat di sekitar Rp 762 ribu per gram. Sedangkan harga emas penjualan kembali tercatat Rp 683 ribu per gram, turun Rp 1000 dibanding perdagnagan sebelumnya.

Harga Emas Antam, Senin, 30 September 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 405.500

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement