Waskita Garap Proyek Bertaraf Internasional di Ibu Kota Baru

Image title
26 September 2019, 17:52
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menyatakan bakal menggarap sejumlah proyek infrastruktur inti di Penajem Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimanta Timur, lokasi calon ibu kota baru.

Waskita tengah mengkaji penggunaan teknologi untuk beberapa proyek yang akan dibangun, sehingga nantinya mengusung konsep modern bertaraf internasional.

Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto menjelaskan tak hanya membangun infrastruktur gedung dan jalan, perseroan juga membidik proyek di sektor energi, dan Sumber Daya Air (SDA). 

"Kami akan usulkan smart building, smart transportation, smart water, dan smart grid. Nanti energinya pakai solar sell (panel surya)," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (26/9).

(Baca: Banyak Proyek Pembangunan, Waskita Sebut Rasio Utang Masih Wajar )

Perusahaan akan melakukan persiapan proyek yang sejalan dengan tahap perencanaan pembangunan yang dibuat  pemerintah. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebelumnya menyatakan, kajian pemindahan ibu kota baru diharapkan rampung 2019. 

Kemudian pada 2020, pemerintah akan menerbitkan regulasi, master plan, serta perencanaan teknis. Lalu diikuti oleh fase penyediaan lahan, dan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 2021 dan pada 2022-2024 baru akan dimulai pembangunan secara masif.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...