KPAI Imbau Sekolah Pantau Siswa yang Ikut Demonstrasi

Image title
Oleh Ekarina
26 September 2019, 14:39
Sejumlah pelajar mengikuti unjuk rasa menolak UU KPK dan RUU KUHP yang berujung ricuh di Jalan Tentara Pelajar, Palmerah, Jakarta, Rabu (25/9/2019).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah pelajar mengikuti unjuk rasa menolak UU KPK dan RUU KUHP yang berujung ricuh di Jalan Tentara Pelajar, Palmerah, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau orang tua dan pihak sekolah memantau pelajar agar tidak mengikuti demonstrasi. Upaya ini dilakukan untuk menjaga keselamatan anak usai sejumlah aksi demonstrasi pelajar yang berakhir ricuh kemarin. 

Ketua KPAI Susanto mengatakan situasi demonstrasi sulit diprediksi, sehingga dikhawatirkan hal tersebut bisa berdampak pada keselamatan anak.

"Kami sangat menyayangkan anak dilibatkan demonstrasi. Kami imbau semua pihak agar tidak melibatkan anak karena anak bisa menjadi korban dari hal-hal yang harusnya tidak terjadi," kata dia seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/9). 

(Baca: Pelajar Rencana Kepung DPR Setelah Terima Pesan Berantai)

Susanto menyatakan KPAI sedang berkoordinasi dengan lintas instansi, termasuk kepolisian, dinas pendidikan dan pihak terkait untuk mencegah kembali terjadinya demonstrasi pelajar.

"Tadi malam koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar sama-sama memberikan imbauan kepada anak usia sekolah tidak ikut terlibat aksi demonstrasi,"ujarnya.

Dia pun menyebut, sejak Rabu (25/9) pukul 14.00 WIB, KPAI menerima pengaduan masyarakat terkait aksi unjuk rasa para pelajar SMK, melalui aplikasi whatsApp dan media sosial.

KPAI tidak bisa melayani pengaduan online, lantaran situs resmi resmi diduga sedang diretas sejak Rabu pagi.

Sejumlah aduan masyarakat yang telah dikirimkan ke KPAI terdiri dari poster seruan aksi untuk pelajar STM, foto dan video yang menunjukkan aksi perlajar menaiki truk, bus transjakarta sampai KRL dengan titik naik di Bekasi dan Depok.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...