Danai Modal Kerja dan Ekspansi, PTPN III Dapat Pinjaman Rp 5,4 T

Rizky Alika
19 September 2019, 20:54
PTPN III saat ini memiliki sejumlah lini bisnis, seperti perkebunan dan pabrik karet, sawit serta pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangke.
Karet
PTPN III saat ini memiliki sejumlah lini bisnis, seperti perkebunan dan pabrik karet, sawit serta pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangke.

Holding Perkebunan Nusantara , PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mengantongi pinjaman sindikasi US$ 390,6 juta atau Rp 5,4 9 triliun dari 18  perbankan dan lembaga keuangan dalam dan luar negeri. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai modal kerja serta investasi perusahaan dan anak usaha di sektor perkebunan.

"Dengan pembiayaan ini,  perusahaan berkomitmen terus menjalankan transformasi bisnis untuk mendorong kinerja keuangan perseroan dan anak usaha," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PTPN III Seger Budiarjo di Jakarta, Kamis (19/9).

Advertisement

Menurutnya, pembiayaan itu juga akan digunakan untuk mentransformasi organisasi hingga sumber daya manusia.

(Baca: Buntut Kasus Suap, Menteri Rini Pecat Dirut Induk Perkebunan PTPN III)

Di sisi lain, dana pinjaman akan digunakan untuk mendorong  kinerja PTPN III agar menjadi acuan bagi industri perkebunan nasional pada 2023. Perusahan akan melakukan pengembangan onfarm seperti perawatan tanaman, pencarian bibit, hingga pemupukan tanaman. Sedangkan di sisi off farm, perseroan juga bakal memperbaiki pabrik mulai Juni 2020.

PTPN III mendapatkan pinjaman tersebut dari sejumlah perbankan. Dari domestik, pinjaman berasal dari PT Bank China Construction Bank Indonesia dan PT Bank Shinhan Indonesia.

Sementara, kreditur asing beberapaa di antaranya seperti Aozora Asia Pacific Finance Limited, Bank of The Phillipine Islands, KEB Hana Bank Singapore, dan IBJ Leasing Company.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement