Bertemu Jokowi, Buya Syafii Sampaikan Kriteria Memilih Menteri Baru

Dimas Jarot Bayu
19 September 2019, 18:04
Jokowi akan mengumumkan kabinet periode kedua dalam waktu dekat, sebelum ia dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada Oktober 2019.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Jokowi akan mengumumkan kabinet periode kedua dalam waktu dekat, sebelum ia dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada Oktober 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyusun kabinet pemerintahan periode 2019-2024. Sebelum memutuskan calon nama yang akan dipilih, dia pun banyak meminta masukan dari para tokoh masyarakat.

Salah satu tokoh yang dimintai pendapat adalah Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Ahmad Syafii Maarif atau yang dikenal Buya Syafii. Jokowi meminta masukan dari mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/9).

“(Pertemuan dengan Jokowi membahas) soal menteri, pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul,” kata Syafii usai pertemuan.

(Baca: Jokowi: Jangan Ada yang Ikut campur Tentukan Menteri)

Dalam pertemuan tersebut, Syafii menyarankan Jokowi untuk memilih menteri yang memiliki profesionalitas dan integritas. Selain itu,  dia pun meminta Jokowi untuk memilih sosok menteri yang loyal kepadanya.

“Jangan yang bikin kacau,” katanya. 

Lebih lanjut, Syafii menilai Jokowi dapat memilih siapa saja sebagai menterinya. Dia tak pun tak mempermasalahkan jika akhirnya Jokowi memilih sosok menteri dari partai-partai yang mendukungnya dalam Pilpres 2019.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...