Situasi Papua Kondusif, Wiranto: Masih Ada Provokasi Beberapa Oknum

Image title
9 September 2019, 15:50
Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers terkait kondisi terkini Papua di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (2/9/2019). Menko Polhukam Wiranto menyatakan aktivitas di Papua dan Papua Barat sudah mulai berangsur normal kembali, tapi akses internet
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers terkait kondisi terkini Papua di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (2/9/2019). Menko Polhukam Wiranto menyatakan aktivitas di Papua dan Papua Barat sudah mulai berangsur normal kembali, tapi akses internet masih tetap dibatasi oleh pemerintah dan akan segera dibuka kembali saat kondisi sudah kondusif.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Polhukam), Wiranto menyebut saat ini kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat sudah kondusif. Kendati demikian, masih ada beberapa provokasi dari oknum masyarakat.

Dia  mengatakan, seluruh aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat sudah berjalan seperti biasanya. "Per 9 September situasi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif. Namun, masih ada provokasi-provokasi oleh beberapa oknum," ujar Wiranto di sela rapat koordinasi tingkat menteri, Senin (9/9).

Advertisement

Seiring dengan mulai kondusifnya situasi keamanan di Papua dan Papua Barat, para petinggi TNI dan Polri kembali ditarik ke Jakarta untuk melaporkan pada Presiden Joko Widodo. 

(Baca: Wiranto dan Moeldoko Tuding Benny Wenda Aktor Rusuh di Papua)

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dikabarkan ikut berkantor di Papua selama 4 hingga 10 hari guna memulihkan situasi keamanan, pasca demonstrasi yang berakhir ricuh di beberapa lokasi di wilayah tersebut.

Selain masalah keamanan, dia juga menyatakan, beberapa waktu terakhir terjadi eksodus besar-besaran dari mahasiswa Papua yang belajar di luar daerah karena merasa tidak aman belajar di luar daerah.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement