Atasi Sengketa Lahan, Jokowi Bagikan 3.800 Sertifikat Tanah di Jateng

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2019, 16:38
Presiden Joko Widodo berjalan seusai memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kal
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo melanjutkan program pembagian sertifikat tanah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 3.800 sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) ke warga di Purworejo, Jawa Tengah. Pembagian sertifikat tanah dinilai penting untuk mengurangi masalah sengketa lahan yang kera terjadi di Indonesia. 

Jokowi bercerita, masalah sengketa lahan kerap dikeluhkan oleh masyarakat ketika dirinya berkunjung ke berbagai wilayah. Sengketa ini, kata Jokowi, tak hanya terjadi antarmasyarakat, namun juga antara masyarakat dengan pemerintah atau swasta.

“Saya tahu karena setiap saya ke desa, setiap saya ke kampung ini jadi masalah di mana-mana,” ujarnya di Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8).

(Baca: Disebut Tak Berguna, Jokowi Tetap Lanjutkan Pembagian Sertifikat Tanah)

Mantan Wali Kota Solo itu pun mengatakan, banyak masyarakat yang mengadukan persoalan sengketa lahan ini kepada pemerintah. 

Hanya saja, Jokowi mengaku sulit membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah sengketa lahan karena tanah yang diklaim masyarakat tak memiliki bukti legalitas yang jelas. “Kami enggak bisa bantu, karena tanda bukti hak hukumnya (atas tanah) harus jelas,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...