Petinggi Vale Bakal Temui Jokowi untuk Putuskan Divestasi 20% Saham

Image title
27 Agustus 2019, 19:54
logo Vale
Arief Kamaludin|KATADATA
Vale IIndonesia siap mendivestasi sebagian sahamnya ke perusahaan pemerintah Indonesia.

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mengatakan, beberapa petinggi perusahaan induk mereka di Brasil bakal bertemu Presiden Joko Widodo  (Jokowi) dalam waktu dekat. Pertemuan itu digelar guna membahas rencana divestasi 20% saham Vale Indonesia.

Divestasi saham tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 Tahun 2014 terkait Usaha Pertambangan Minerba.

"Saya akan minta bos untuk datang ketemu sama presiden, semoga dapat waktu ketemu sama Presiden. Kalau tidak (bertemu) siapa yang mau bantu," kata Direktur Utama Vale Indonesia Nico Kanter di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (27/8).

Nico menambahkan, pihaknya menunggu pemerintah Indonesia untuk memberikan keputusan terkait divestasi saham Vale Indonesia. Pihaknya mengaku was-was menanti keputusan tersebut, karena tenggat waktu divestasi akan jatuh dalam waktu dekat atau pada Oktober 2019. "Tapi kami percayakan sepenuhnya kepada Pemerintah," kata Nico.

(Baca: Vale Gandeng Perusahaan Tiongkok Bangung Smelter Bahadopi)

Dia yakin pemerintah bakal memandang perusahaan sebagai salah satu mitra strategis dengan adanya divestasi ini. Dia pun optimis proses divestasi saham ini bisa rampung pada September 2019. "Saya masih optimis (September selesai). Ini hanya karena belum ada pertemuan di high level di tingkat goverment saja," katanya. 

Terlebih lagi, Vale Indonesia merupakan perusahaan go public sehingga menjadikan proses valuasi sahamnya lebih transparan.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...