Menteri Susi dan Sri Mulyani Protes Disuguhi Air Kemasan Plastik

Image title
18 Agustus 2019, 16:14
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menjadi narasumber dalam dialog bertajuk "Optimalisasi Peran Sektor Perikanan Tangkap dalam Pembangunan Nasional" di Kementerian Kelautan dan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (14/3). Kedua menteri ini kompak menolak konsumsi air minum dalam kemasan plastik.

Ada kejadian unik dari dua menteri perempuan di kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Keduanya kompak memprotes panitia penyelenggara Ignite the Nation Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Satu Indonesia, Minggu (18/8), terkait konsumsi plastik.

Momen itu terjadi pada saat kedua menteri tersebut disuguhi air mineral kemasan plastik dari pihak panitia di sela pemaparannya Istora Senayan. "Ini botol plastik aku kurang suka," katanya seketika yang disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Advertisement

Sri Mulyani pun langsung mengambil botol minum miliknya sendiri. (Baca: Dilarang di Beberapa Daerah, Produksi Kantong Plastik Turun 20%)

Melihat aksi rekannya, Susi Pudjiastuti pun mengambil alih perhatian dengan meminta peserta yang hadir untuk menghindari plastik sekali pakai karena sampah tersebut di laut merupakan terbesar kedua.

"Bulan lalu, saya demo di depan Istana. Sekarang saya demo di depan anak-anak muda. Stop pemakaian plastik sekali pakai," kata Susi Pudjiastuti yang disambut sorak-sorai dengan lebih riuh.

(Baca: Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti Dianggap Layak Jadi Menteri 2 Periode)

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong pun tak mau ketinggalan dengan ikut mengambil botol air mineral ramah lingkungan miliknya.

Mengetahui reaksi ketiganya, pihak panitia acara akhirnya menarik kembali botol air mineral sekali pakai tersebut.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement