Karya Puluhan Seniman Ditampilkan Pameran Seni Kontemporer ARTJOG 2019

Sebanyak 39 seniman dan kolektif seni ikut serta dalam ARTJOG 2019.
Michael Reily
23 Juli 2019, 18:29
ARTJOG 2019 kembali digelar selama sebulan penuh di Yogyakarta.
artjog.co.id
ARTJOG 2019 kembali digelar selama sebulan penuh di Yogyakarta.

Pameran seni rupa kontemporer tahunan ke-29 bertajuk ARTJOG bakal kembali digelar pada 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. Pameran yang diselenggarakan di Museum Nasional Yogyakarta tersebut akan menampilkan karya spesial dari lima seniman atau kolektif ternama.

ARTJOG sudah menjadi salah satu startegi pemasaran pariwisata Yogyakarta. Apalagi, ARTJOG berbarengan dengan Jogja Art Weeks, kegiatan seni yang terselenggara di seluruh kota Gudeg pada periode yang sama.

Sebanyak 39 seniman dan kolektif seni ikut serta dalam ARTJOG 2019. Lima tokoh seni yang akan memamerkan proyek spesial adalah Piramida Gerilya, Riri Riza, Handiwirman, Teguh Ostenrik, dan Sunaryo.

(Baca: Ribuan Penggemar Bikin Sketsa Gundala, Termasuk Ilustrator Marvel & DC)

Advertisement

ARTJOG 2019 juga memberikan penghargaan kepada seniman muda dengan karakteristik usia di bawah 35 tahun. Dua juri tamu yang akan menilai para seniman muda adalah Fumio Nanjo dari Jepang dan Natasha Sidharta dari Indonesia.

Selain itu, ada pertunjukan harian panggung belakang ARTJOG. Penonton juga akan diajak berpartisipasi di panggung pertunjukan buatan para seniman. Total ada 88 seniman yang akan tampil di ARTJOG ke-29 selama sebulan penuh.

(Baca: Indonesia Kirim Delegasi ke Pameran Seni Rupa Tertua di Dunia)

Festival ini juga akan diisi program pendidikan setiap pekan. Tur kuratorial setiap Selasa dan Jumat bakal menambah pengetahuan kepada masyarakat terhadap konteks karya seni.

Agenda lain jua akan diadakan pertemuan dengan para seniman setiap Rabu serta LeksiKon atau presentasi kepada masyarakat dalam format yang lebih kreatif sehingga memberikan pengalaman baru kepada pengunjung.

Setidaknya ada 50 produk juga ikut serta dalam proyek suvenir. Produk-produk lokal Yogyakarta bakal memberikan lokakarya dan aktivasi soal dalam praktik seni kontemporer.

Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait