Kelebihan Pasokan, Peternak Khawatirkan Harga Ayam Kembali Jatuh

Rizky Alika
9 Juli 2019, 14:38
Peternak Khawatirkan Harga Ayam Kembali Jatuh
Antara
Permintaan daging ayam terus meningkat

Pengusaha peternakan mengkhawatirkan harga jual ayam kembali jatuh meski di sejumlah daerah mulai berangsur normal. Hal ini karena ada kelebihan pasokan di beberapa sentra produksi.

Ketua Umum Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara (PPUN) Sigit Prabowo mengatakan, harga ayam di Jawa Tengah dan Jawa Timur masih lebih rendah dibandingkan daerah lainnya. "Harga di Jawa Tengah dan Jawa Timur sempat naik, tapi kemudian berhenti," kata Sigit kepada Katadata.co.id, Selasa (9/7).

Menurut dia, hal ini disebabkan oleh banyaknya pasokan ayam dari perusahaan integrasi. Ekspansi kandang modern pada 2018 lalu cukup kencang, namun tak diikuti dengan pengelolaan ayam pasca-panen.

(Baca: Harga Ayam Jatuh, Peternak Kecil Gulung Tikar)

Akibatnya, pasokan ayam di Jawa Timur dan Jawa Tengah berlebihan. Kelebihan pasokan ini dikhawatirkan bakal dialihkan ke ke Jawa Barat sehingga dapat berdampak pada harga ayam peternak di sana jatuh.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), harga ayam pada tingkat peternak di Jawa Barat Rp 19.000 - 21.000 per kilogram. Sementara itu, harga ayam di Jawa Tengah dan Yogyakarta pada rentang Rp 16.500 - 19.000. Kemudian, harga ayam di Jawa Timur Rp 16.800 - 18.500.  Harga tersebut relatif membaik dibanding beberapa waktu lalu yang sempat anjlok di bawah Rp 10.000 per kilogram. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...