Realisasi Baru 35%, Menpar Optimistis Capai Target 18 Juta Wisman

Michael Reily
5 Juli 2019, 11:47
Wisatawan menikmati suasana matahari terbit di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). Wisata alam yang menyajikan matahari terbit dari Candi Borobudur menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal dan wis
ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH
Wisatawan menikmati suasana matahari terbit di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). Wisata alam yang menyajikan matahari terbit dari Candi Borobudur menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya optimistis bisa mencapai target kunjungan 18 juta wisatawan mancanegara tahun ini. Peningkatan turis asing merupakan salah satu indikator yang baik bagi pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan turis asing Januari-Mei 2019 sebesar 6,37 juta orang, meningkat 2,7% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 6,2 juta kunjungan.

Adapun realisasi 6,37 juta wisatawan tersebut baru mencapai sekitar 35% terhadap total wisatawan mancanegara yang ditargetkan pemerintah tahun ini sebanyak 18 juta orang. 

Sementara pada tahun lalu, total kunjungan turis asing juga hanya mencapai 15,81 juta orang. Angka itu meleset dari target yang ditetapkan sebesar 17 juta kunjungan.

(Baca: Jumlah Wisatawan Asing ke Indonesia Turun 3,19% pada Mei 2019)

Menanggapi hal tersebut, Arief mengaku lebih optimistis bisa mencapai target kali ini. Sebab, jumlah wisman yang datang per kuartal kuartal pertama 2019 telah melampaui angka psikologis 4 juta kunjungan. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...