Harga Ayam Anjlok, Mentan Kembali Menduga Ada Peran Tengkulak Nakal

Image title
Oleh Ekarina
28 Juni 2019, 22:21
harga ayam anjlok, mafia ayam
Katadata
Anjloknya harga ayam potong diduga karena peran tengkulak nakal.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menduga ada peran broker atau tengkulak nakal di balik anjloknya harga ayam potong di sejumlah daerah dalam sepekan terakhir ini. Ini dikarenakan ada disparitas yang tinggi antara harga di tingkat peternak dan konsumen. 

Amran mengatakan harga ayam di tingkat peternak saat ini ada yang menyentuh sekitar Rp6.000 hingga Rp10.000 per kilogram, sedangkan di tingkat konsumen masih sangat tinggi, yakni sekitar Rp30.000-Rp40.000 per kilogram.

Untuk menelusuri peran para broker, dia mengatakan bakal menerjunkan tim Satgas Pangan di daerah sentra penghasil ayam potong, yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Lampung. "Kami masih menunggu laporan lanjutan. Kalau ada yang berani bermain-main, kami tidak segan-segan untuk menindak tegas dan memberikan sanksi berat," katanya di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (28/6).

(Baca: Harga Ayam Anjlok, Peternak Ditaksir Rugi Rp 700 Miliar per Bulan)

Menurutnya, ada yang salah dalam mata rantai distribusi, termasuk proses yang sangat panjang dan menyebabkan disparitas harga ayam potong. "Seperti halnya para mafia pangan lainnya, seperti bawang putih, beras, dan bawang bombay. Kami akan menindak tegas para broker yang mempermainkan harga ayam potong ini," ujarnya.

(Baca: Kendalikan Stok, Kementan Potong Ayam Umur 68 Minggu)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...