Jokowi Ajak Konglomerasi Properti Bangun Hotel di Mandalika

Image title
Oleh Ekarina
26 Juni 2019, 07:00
Jokowi Undang Konglomerat ke Istana, Jokowi Ajak Pengusaha Bangun Hotel di Mandalika
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto areal ruas jalan gerbang barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (24/2/2019). Di kawasan pariwisata yang dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan konsep Street Circuit yang memiliki trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan dimana badan jalan akan mulai dibangun Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada akhir 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore tadi memanggil sejumlah pengusaha kelas kakap ke Istana Negara. Dalam pertemuan ini, Jokowi meminta para pengusaha beriventasi properti di sejumlah destinasi wisata baru, salah satunya di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Beberapa pengusaha properti yang hadir bertemu Jokowi di Istana, antara lain pendiri dan pemilik Mayapada Group Dato Sri Tahir, pemilik CT Corp Chairul Tanjung, Managing Director Sinar Mas Group Gandi Sulistyo, CEO Sinarmas Land Ltd Muktar Widjaja.

Kemudian hadir pula pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo, pemilik grup Djarum Robert Budi Hartono, pendiri dan pimpinan Rajawali Corpora Peter Sondakh, pemilik dan pendiri Grup Mulia Eka Tjandranegara, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer dan sejumlah pengusaha lainnya.

(Baca: Selain MotoGP, Jokowi Ingin Mandalika Bisa Gelar Balap Mobil F1)

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, pada pertemuan tersebut, para pengusaha diminta Jokowi membangun hotel. 

"Intinya Presiden meminta kami untuk membantu di Mandalika, untuk hotel. Jadi di sana itu hotel kurang, baru tiga (hotel) yang ada," kata dia di Jakarta, Selasa (25/6).

Optimalisasi fasilitas wisata itu menurutnya dalam rangka rencana pembangunan sirkuit MotoGP dan yang sedang disiapkan juga sirkuit Formula 1 (F1).  Pada Mei 2019 lalu Presiden Jokowi menyampaikan rencana pembangunan sirkuit MotoGP yang akan dilangsungkan pada 2021. Sirkuit itu ditargetkan selesai pada 2020.

"Saya juga baru dengar itu ternyata Pak Jokowi ada pembicaaan kalau tidak salah di Osaka, dengan pemegang haknya F1 bahwa akan menghadirkan F1 juga di sana (Mandalika). Tapi karena kekurangan hotel, mereka minta kami, pengusaha ini, investasi hotel dan properti," ujar Hariyadi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...