Strategi Efisiensi AirAsia di Balik Harga Tiket Pesawat Murah

Image title
24 Juni 2019, 21:05
Harga Tiket Pesawat Murah AirAsia, Pesawat Airbus A320 AirAsia
Katadata
Ilustrasi pesawat AirAsia. Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan memaparkan strategi membuat harga murah tiket pesawat.

PT AirAsia Indonesia Tbk menyatakan telah mematok harga tiket pesawat terjangkau sesuai ketentuan tarif batas bawah dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 72 Tahun 2019. Hal tersebut dilakukan perusahaan dengan menerapkan sejumlah strategi efisiensi.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan harga bahan bakar untuk pesawat yakni avtur di dalam negeri terbilang cukup mahal dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura. Namun pihaknya menerapkan beberapa cara efisensi demi menekan harga tiket pesawat.

Advertisement

"Memang harus diakui bahan bakar itu biayanya yang paling besar. Tapi kalau kami disuruh turunkan harga pasti bisa," kata Dendy, di Jakarta, Senin (24/6).

(Baca: AirAsia Tambah Lima Rute Penerbangan Domestik)

Strategi pertama, dengan mengoperasikan tipe pesawat Airbus A320 pada seluruh armada yang dioperasikan perusahaan. Penggunaan tipe pesawat ini merupakan nilai tambah bagi AirAsia, sebab tak memerlukan banyak jenis suku cadang. 

Selain itu, pilot dan kru kabin juga hanya memerlukan sartifikasi menerbangkan satu jenis pesawat. "Jadi kalau ada pilot atau kru kabin berhalangan untuk bekerja, bisa langsung digantikan," kata dia.

Strategi kedua dengan meningkatkan utilisasi pesawat melalui optimalisasi jam operasional. Saat ini, Air Asia memiliki jam operasional 12,5 jam, targetnya bisa mencapai 13 jam. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada pemerintah agar jam operasional bandara bisa ditingkatkan menjadi 24 jam.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement