HUT DKI Jakarta ke-492, Anies Pamer Prestasi Berbagai Layanan Kota

Beberapa prestasi yang dipamerkan Anies dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta di antaranya di bidang kesehatan, layanan publik dan ketenagakerjaan.
Image title
22 Juni 2019, 15:24
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan menuju mimbar sebelum menyampaikan pidato dihadapan tamu undangan rapat Paripurna Istimewa di ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019). Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi DKI Jakarta terseb
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan menuju mimbar sebelum menyampaikan pidato dihadapan tamu undangan rapat Paripurna Istimewa di ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019). Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi DKI Jakarta tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-492 DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan berbagai capaian yang  diperoleh Pemprov DKI Jakarta setahun terakhir. Hal tersebut diungkapkannya dalam Rapat Paripurna DPRD DKI yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-492 siang tadi. 

Dalam pidatonya, Anies memerkan beberapa penghargaan, seperti penyerahan laporan harta kekayaan penyelanggara Negara (LHKPN) dengan sistem pengendalian terbaik. “KPK memberikan tiga penghargaan pelaporan kekayaan negara terbaik 2018,” kata dia di Balai Kota, Sabtu (22/6).

Dia menjelaskan Jakarta mendapatkan penghargaan dengan nilai gratifikasi terbesar yang ditetapkan menjadi milik negara pada 2018. Selain itu, Jakarta dinobatkan sebagai pemerintah daerah (pemda) dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik 2018.

(Baca: Anies Bicara Masalah Kesetaraan dalam Pidato HUT DKI Jakarta)

Advertisement

Selanjutnya, ada juga penghargaan inovasi dalam layanan publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Ini menunjukkan layanan publik yang sangat baik dan prima,” ujarnya.

Di luar itu, Jakarta memasuki top 40 dalam inovasi layanan publik 2018. Beberapa program inovasi yang dilakukan Pemprov DKI di antaranya yakni pengecekan kanker serviks, mobil pemeriksaan kanker hibiscus, serta Sipil Doyan Jalan (Sistem Pilih Dokter dan Waktu Pelayanan Pasien Rawat Jalan dan Peserta JKN-KIS).

Anies mengatakan pihanya juga telah mendapatkan penghargaan terkait masalah penanganan layanan jaminan kesehatan. “Kita merupakan provinsi dengan penanganan jaminan kesehatan bagi warga di atas 95%,” ujarnya. 

Pada bidang ketenagakerjaan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebut Jakarta meraih beberapa penghargaan, seperti indeks prestasi ketenagakerjaan, indikator utama kesempatan kerja terbaik, produktivitas terbaik, jaminan sosial tenaga kerja terbaik, dan penghargaan perusahaaan tenaga kerjaan.

(Baca: Anies Janji Jual, Saham Perusahaan Bir Delta Milik Pemprov Tak Berubah)

Dalam informasi publik, Jakarta meraih penghargaan pelayanan informasi publik terbaik lantaran dinilai sebagai pemerintah provinsi paling informatif. Kemudian, ada penghargaan medali emas dan penghargaan terbaik dalam simpul referensi geospasial nasional.

Dari aspek demokrasi, Jakarta mendapatkan penghargaan sebagai provinsi dengan indeks demokrasi tertinggi di Indonesia. Sementara dari sosial budaya, Pemda Jakarta dinobatkan sebagai provinsi dengan komitmen tinggi terhadap pelaksanaan pembinaan sosial bagi anak jalanan. "Kita juga mendapatkan penghargaan sebagai 10 kota layak anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," ujarnya.

Di luar itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga memberikan penghargaan kepada Jakarta sebagai satu-satunya provinsi yang mengutamakan bahasa Indonesia di ruang publik. Lalu, Jakarta mendapatkan penghargaan dalam aspek pembangunan ekonomi inklusif dan Investment Award 2018.

"Prestasi itu semua tidak bisa tercapai jika dilakukan sendiri. Masih banyak PR ke depan," ujarnya.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait