Cegah Kemacetan Arus Balik, Sistem Satu Arah di Tol Berlaku 7-10 Juni

Image title
4 Juni 2019, 18:00
Penampakan Gerbang Tol Kalihurip Utama, Karawang, Jawa Barat (20/5).  PT Jasa Marga (Persero) memastikan dua gerbang tol anyar pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip, siap beroperasi pada Kamis, 23 Mei 2019, atau menjelang a
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan Gerbang Tol Kalihurip Utama, Karawang, Jawa Barat (20/5).  PT Jasa Marga (Persero) memastikan dua gerbang tol anyar pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip, siap beroperasi pada Kamis, 23 Mei 2019, atau menjelang arus mudik 2019.

Pemerintah sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalan tol selama periode arus balik Lebaran 2019. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan pihaknya siap menerapkan kembali sistem satu arah (one way system)  pada 7-10 Juni 2019.

Namun, tak seperti pada saat arus mudik yang mana sistem satu arah diberlakukan sejak pagi hari, pada saat arus balik nanti sistem ini baru akan diberlakukan mulai pukul 12.00-24.00 WIB. Pembatasan itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada bus yang akan kembali dari arah barat atau Jakarta ke timur atau Jawa Tengah.

(Baca: Hingga H-3 Lebaran, 926 Ribu Kendaraan Telah Keluar Jakarta )

"Ini memberikan peluang kepada bus agar bisa menggunakan jalan tol," ujarnya, saat ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (4/6).

Adapun sistem satu arah akan diterapkan mulai KM 414 Kalaikangkung hingga KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Setelah KM 70 akan diberlakukan skema contra flow. Kebijakan ini bisa berubah sesuai dengan dinamika di lapangan dan diskresi dari Korlantas Polri.

Persiapan Fasilitas Rest Area

Selain itu, untuk memperisapkan arus balik, pihaknya meminta kepada pengelola tempat istirahat atau rest area untuk memasang rambu-rambu masuk dan keluar tempat istirahat untuk digunakan pada sistem satu arah. Kemenhub menargetkan sebelum 7 Juni, petunjuk arah tersebut sudah terpasang. "Intinya kan ada perubahan rest area yang awalnya di jalur B, jadi jalur A dan B. Ini pasti ada perubahan entry dan exitnya," kata dia.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...