Kemenhub Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 8-9 Juni 2019

Image title
4 Juni 2019, 04:00
Pemudik kendaraan roda empat melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019).
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Pemudik kendaraan roda empat melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019).

Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik lebaran 2019 terjadi pada 8-9 Juni. Prediksi ini dihitung dari penetapan hari lebaran yang jatuh pada 5 dan 6 Juni mendatang.

Seiring dengan prediksi puncak arus balik, Budi menyatakan telah meminta PT Jasa Marga dan Korlantas Polri melakukan sejumlah persiapan, salah satunya dengan kembali menerapkan sistem satu arah (one way) dengan memperhatikan arus bus yang akan kembali ke arah Jawa Tengah.

(Baca: Tinjau Jalur Pantura, Kemenhub Sebut Puncak Arus Mudik Sudah Lewat)

Oleh karena itu, dia menyarankan agar penerapan sistem satu arah bisa dimulai pada 7 dan 8 Juni serta membuka kemungkinan perpanjangan hingga 9 Juni jika masih terjadi kepadatan. "Arus balik kami merencanakan  (sistem satu arah) cuma dua hari, paling tidak 7-9 one way. Tapi sekali lagi kami memberikan usulan," ujarnya ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Senin (3/6).

Selain itu, Budi menyarankan agar sistem satu arah bisa diterapkan hingga KM 29 atau hingga Tol Cikarang Utama. Ia juga mengimbau kepada pemudik agar bisa kembali ke Jakarta sehari setelah lebaran yaitu pada 6 Juni atau setelah puncak arus balik pada 10 Juni 2019.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...